Nama Sekolah : Sekolah Dasar Negeri Semarang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengrtahuan Alam
Kelas/Semester : V / 2
Waktu : 2 x 40 Menit ( 2 jp 1x pertemuan )
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
Kompetensi Dasar : 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi
di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk
hidup dan lingkungan.
Indikator : 7.6.1 Menyebutkan contoh bencana alam
yang ada di Indonesia.
7.6.2 Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan makhluk hidup dan lingkungan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan 4 macam peristiwa alam di Indonesia
2. Siswa dapat menyebutkan 2 macam peristiwa alam yang dapat dicegah
3. Siswa dapat menyebutkan 2 macam peristiwa alam yang tidak dapat dicegah
4. Siswa dapat menyebutkan 2 cara mencegah banjir
5. Siswa dapat menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan
II. Materi Pembelajaran
1. Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia
Beberapa tahun terakhir ini, negeri kita Indonesia banyak dilanda peristiwa alam, seperti tsunami di Aceh, gempa bumi di Yogyakarta, banjir di Jakarta, luapan lumpur panas dan masih banyak perisiwa alam lainnya. Peristiwa-peristiwa alam seperti ini terjadi karena ketidakseimbangan alam karena ulah manusia atau karena kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Banjir yang terjadi di Jakarta, banyak disebabkan karena ulah manusia.
2. Dampak Peristiwa Alam
Peristiwa alam, seperti banjir, tsunami, gempa bumi, tanah longsor, dan gunung meletus yang terjadi pada suatu daerah dapat mengakibatkan dampak bagi makhluk hidup baik hewan, tumbuhan, ataupun manusia. Banjir yang terjadi di Jakarta pada awal tahun 2007 mengakibatkan banyak rumah yang tenggelam, kegiatan sehari-hari menjadi tergangu, muncul penyakit diare, dan sebagainya.
Selain berdampak pada manusia manusia, banjir juga mengakibatkan tanaman-tanaman rusak karena tumbang atau terbawa arus banjir yang cukup deras. Padi terancam gagal panen karena sawah terendam air dan lingkungan menjadi kotor karena lumpur dan sampah yang dibawa oleh banjir. Hewan-hewan pun harus diungsikan akibat terjadinya banjir. Jadi, peristiwa alam dapat mengakibatkan dampak bagi makhluk hidup bukan hanya manusia tetapi juga lingkungan, hewan, dan tumbuhan.
3. Cara Pencegahan Banjir
Banjir yang terjadi di Jakarta, Bandung, ataupun daerah sekitarnya sebagian besar disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi. Namun demikian, ulah manusia yang membuang sampah di sungai, menebang pohon sehingga hutan menjadi gundul juga memjadi penyebab terjadinya banjir. Sampah yang di buang ke sungai, lama-kelamaan akan menumpuk dan apabila hujan datang air sungai akan meluap karena alirannya terhambat oleh tumpukan sampah yang sangat banyak dan mengakibatkan banjir.
III. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Penugasan
3. Tanya jawab.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (± 10 Menit)
1. Setelah mempersiapkan siswa untuk belajar, guru dan siswa melakukan permainan tepuk tangan dengan yel-yel
2. Guru menanyakan pada siswa tentang peristiwa alam yang ada di Indonesia,beberapa siswa diminta menuliskan jawabannya di papan tulis, guru memuji hasil kerja siwa
3. Guru mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar terkait dengan kegiatan yang baru dilakukan siswa, serta mengkaitkan pembelajaran sekarang dengan jawaban siswa dengan menampilkan presentasi power point.
Kegiatan Inti (± 50 Menit)
1. Guru menyajikan informasi tentang peristiwa alam melalui power point.
2. Guru membentuk 6 kelompok siswa dan membagikan LKS, kemudian menjelaskan tahapan yang akan dilakukan dalam mengerjakan LKS, dengan rincian: (a) Langkah-langkah yang perlu dilakukan, (b) Pembagian peran anggota di kelompok, dan (c) Cara melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan.
3. Guru membimbing siswa melakukan kegiatan seperti yang tercantum dalam LKS tentang peristiwa alam
4. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas dengan membuat argumentasi yang logis, kritis, dan kreatif berdasarkan hasil pengamatan, serta mengkritisi presentasi teman-temannya.
5. Guru memberikan umpan balik dengan memuji pada aspek-aspek yang sudah benar dilakukan siswa, dan memperbaiki aspek yang belum benar.
6. Guru dan siswa membahas LKS dan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya.
Penutup (± 10 Menit)
1. Guru merangkum butir-butir penting seluruh pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa apa saja yang telah dipelajarinya kemudian mengajak siswa menyanyikan lagu”Peristiwa Alam”
2. Melaksanakan kegiatan evaluasi
3. Memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam belajar, dan memberikan tugas di rumah untuk mengerjakan acak kata
IV. Alat dan Sumber
1. Buku IPA Salingtemas 5 halaman 153-160, terbitan Pusbuk,Depdiknas 2008
2. Gambar peristitwa alam yang terjadi di Indonesia
3. LKS
V. Evaluasi
1. Prosedur tes : pos tes .
2. Jenis tes : tertulis .
3. Soal tes : soal uraian singkat 5 soal
Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Sebutkan 4 macam peristiwa alam yang sering terjadi di Indonesia !
2. Sebutkan 2 macam peristiwa alam yang dapat dicegah !
3. Sebutkan 2 peristiwa alam yang tidak dapat diccegah !
4. Sebutkan 2 usaha untuk mencegah terjadinya banjir !
5. Jelaskan dampak positif dan negatif dari peristiwa alam gunung meletus !
Penskoran :
Tiap jawaban benar diberi skor 2
Jumlah jawaban benar x 2
N = --------------------------------- x 100
10
Kunci Jawaban:
1. gempa bumi, banjir, tanah longsor, tsunami, gunung meletus, angin puting beliung
2. banjir dan tanah longsor
3. gunung meletus, tsunami dan angin puting beliung
4. a. Melakukan reboisasi
b. membuat sengkedan
c. tidak membuang sampah di sungai
d. membuang sampah pada tempatnya
5. dampak positif : tanah di sekitarnya menjadi subur, banyak terdapat timbunan material untuk bahan bangunan
dampak negatif : lava pijar yang panas mengakibatkan hutan terbakar, hewan dan tumbuhan banyak yang mati, bila hujan mengakibatkan banjir lahar dingin
1 komentar:
assalamualaikum wr.wb pak agus
Posting Komentar